Tentang Nilna

Assalaamu’alaikum Saudaraku,

Perkenalkan, nama saya Nilna Iqbal, pria, kelahiran tahun 1967. Saya diberitahu orangtua, bahwa nama itu diambil dari bahasa arab yang artinya, “kabulkanlah cita-cita kami“. Mungkin itu adalah do’a orang tua kami, karena itu saya pun memutuskan untuk terus berubah menjadi Lebih Baik lagi, lebih baik lagi.

Saya senang melakukan berbagai eksperimen dalam menjalani kehidupan, mencari mana yang lebih baik dan mana yang lebih berarti.

nilna iqbalSaya juga lebih mencintai kebebasan dalam menjalani kehidupan. Walau kadang sering nyerempet bahaya juga, namun semua yang saya alami, saya anggap adalah proses perjalanan menuju tujuan kesempurnaan diri saya.

Setelah menyelesaikan sekolah di MTsN Gunung Pangilun Padang dan MAN Koto Baru Padang Panjang, Sumatera Barat, tahun 1985 saya kuliah ke Bandung pada jurusan Astronomi ITB. Selama kuliah saya pun aktif berorganisasi di Karisma Salman ITB dalam rangka mengembangkan diri.

Kemudian sambil kuliah saya pun nyambi bekerja di Majalah Adzan, lalu juga aktif menulis di beberapa surat kabar dan majalah nasional.
Dari bekal beberapa kali menjuarai lomba penulisan, saya tergerak membagikan ilmu dengan mendirikan sekolah menulis, tahun 1989. Saat itu banyak orang bertanya keheranan, “… emang menulis bisa diajarin?” Hal ini wajar, sebab memang saat itu belum ada yang namanya kursus menulis, sekolah menulis ataupun pelatihan menulis. Bisa jadi sekolah menulis ini adalah yang pertama ada di Indonesia.
Waktu itu saya hanya punya satu keyakinan, sesungguhnya aktivitas menulis adalah ketrampilan “wajib” yang mestinya dimiliki semua orang, seperti halnya kemampuan berbicara.

Karena itu sambil beraktivitas pada beberapa media di Jakarta, saya terus mengembangkan “sekolah menulis” itu. Saya mulai memperkenalkan dan memprogandakan Konsep Menulis Tanpa Beban (Fun Writing) dalam berbagai kesempatan mengajar, baik di Jakarta atau di Bandung.

Alhamdulillah saat itu banyak sekali mahasiswa. pelajar, akademisi dan kalangan professional yang ikut bergabung. Sempat saya hitung-hitung alumninya sudah lebih dari 6000 an orang. Banyak pula diantaranya yang benar-benar “kena virus” dan kemudian terjun dalam berbagai profesi penulisan, penerbitan dan kejurnalistikan. Alhamdulillah. Minimal saya sempat ikut ngomporin mereka jadi “penulis”.
Beberapa Penghargaan Bidang Penulisan 
  • Juara I Lomba Karya Tulis Ilmiah Populer Tingkat Nasional Bidang Pendidikan (1990)
  • Juara I Lomba Karya Tulis Tingkat Nasional Bidang Perbankan; Bank Bali (1991)
  • Juara I Lomba Karya Tulis Jurnalistik Tingkat Nasional Bidang Sosial Budaya, Panitia Hari Kesetiakawanan Nasional (1992)
Pengalaman Profesi Jurnalistik & Media
  • Pendiri Writing School IRA Communications Bandung, 1989 – 1998.
  • Pimpinan Broadcasting School IRA Comunication Bandung, 1991-1998
  • Konsultan Media MCM-Publising (1989-1996)
  • Redaktur Tabloid Fokus Bandung, 1997/1998
  • Pemimpin Umum/Redaksi Majalah Yang MUDA (1988/1989)
  • Redaktur Majalah “Islamic Digest” Adzan (1990/1991)
***

Selain itu kegiatan saya lainnya adalah berwiraswasta. Saya terus belajar. Walau jatuh bangun berkali-kali 🙂 Nggak kapok-kapok juga.

Terus terang yang saya suka dari aktivitas berbisnis sesungguhnya bukan “uangnya”, tetapi lebih kepada “proses pembelajarannya”.

Banyak hal yang saya peroleh dengan berwirausaha. Saya belajar banyak tentang cash flow, perencanaan bisnis, manajemen, people skill, kepemimpinan, inovasi, kreativitas, delegasi, mentalitas berjuang, kerja cerdas, negosiasi, dll.

Usaha yang saya tekuni kebanyakan memang jasa pendidikan dan pelatihan. Saya mulai dari kursus menulis, lalu kursus komputer, kemudian upgrade bikin sekolah setara Diploma I/III komputer, lalu bikin sekolah penyiar, dan kemudian terakhir menggeluti usaha corporate training untuk berbagai instansi/perusahaan.

Kini saya pun belajar memanfaatkan internet sebagai alat bisnis. Saya belajar dari berbagai “guru online” di dalam dan luar negeri bagaimana membangun bisnis lewat internet.

Maka mulailah saya membangun website/blog. Yang pertama saya buat adalah blog ini, PustakaNilna.com sebagai wadah tempat saya menyimpan berbagai koleksi sebagian naskah-naskah saya yang sempat beredar di beberapa media/penerbitan. Sayangnya selama ini saya tidak mendokumentasikan penerbitannya dengan baik, sehingga saya tak bisa melengkapi setiap naskahnya dengan nama medianya, apalagi nomor edisi dan bulan terbitnya.
Selama berkegiatan bisnis online, sekedar untuk menguji diri sendiri, saya ikut beberapa kontes penjualan online, salah satunya alhamdulillah memperoleh anugerah Accesstrade Award 2017 yang mana website saya Cometo.Website waktu itu berhasil menjadi juara pertama kategori Online Service. Surprise banget waktu itu! Tapi hadiah perjalanan ke Thailand nya nggak saya ambil … he he.

Akhirul kalam … semoga saja koleksi tulisan-tulisan saya di blog ini ada juga tambahan manfaatnya untuk Anda. Saya senang dengan kunjungan anda 🙂

Leave a Comment:

58 comments
Add Your Reply